[info] Buku: “Bangkit Dong, Sobat!”


Assalaamu’alaikum wr wb

Bagi teman-teman yang belum mengenal buku “Bangkit Dong, Sobat!”, ada baiknya membacca informasinya sebagai berikut:

===

Pengantar:

Alhamdulillah, atas izin Allah Swt. buku ini berhasil saya selesaikan pada 16 Juni 2004, pukul 09.00 WIB saat artikel terakhir yang saya tulis untuk buku ini di-save di komputer saya. Allah Swt. telah memberikan berbagai kemudahan dalam penyusunan buku ini, meski saya harus ketat mengatur jadwal. Waktu sisa di malam hari adalah waktu yang paling menyenangkan untuk membanjirkan seluruh ide yang ada di benak saya. Memoles dan mempercantik artikel-artikel ini menjadi pekerjaan yang saya sukai. Sebab, tulisan dengan pesan sebagus apa pun tanpa dikemas dengan baik dan indah, mungkin hanya akan tertata rapi di rak toko buku, tanpa ada mau menyentuhnya apalagi membelinya. Atau lebih mengenaskan lagi, tak ada penerbit yang berminat menerbitkan karya saya. Beruntung GIP memberi masukan yang berarti untuk buku saya ini, semoga ada manfaatnya.

Semoga saja buku ini, meski saya merasa masih jauh dari sempurna, tapi setidaknya dapat menjadi pemicu pembaca untuk lebih semangat menggali cerita dan wawasan, serta ilmu dari buku sederhana ini. Saya berharap buku ini bisa jauh lebih bermanfaat dari ukurannya yang kecil ini. Semoga.

Sobat muda muslim, buku ini mungkin kelewat sederhana. Bahkan sangat sederhana. Tapi saya mencoba mengemas dengan sedikit lebih tegas agar memiliki bobot yang sama seperti buku saya sebelumnya. Saya tetap pada pola penulisan dengan gaya bertutur yang nggak menggurui. Meski tetap saya coba masukkan unsur-unsur yang bisa memberikan kedalaman makna. Artinya, meski sederhana tema-tema yang dibahasnya, tapi saya berharap masih ada nilai bergizi tinggi untuk pemikiran dan perasaan pembaca setelah melahap buku ini.

Dalam artikel yang berjumlah 28 buah dan dibagi dalam lima bab ini seluruhnya bercerita tentang “bagaimana”, bukan “mengapa”. Saya mencoba memberikan semacam solusi praktis buat teman-teman remaja yang mengalami berbagai persoalan hidupnya (paling nggak yang tergambar dalam artikel-artikel tersebut).

Kalo kamu ada masalah dengan keluarga, di buku ini saya lebih memberi ruang bebas untuk menelusuri hubungan kita dengan orangtua. Terus terang saja, banyak teman remaja yang kebingungan berhadapa dengan ortu. Jangankan untuk curhat bebas tentang apa saja suasana hati kita, sekadar untuk ngobrol masalah remeh-temeh pun kita segan dan malas. Semoga dengan membaca buku ini, kita bisa menyelami apa sih yang diinginkan ortu dari kita, dan kita belajar mengkomunikasikan harapan dan keinginan kita ortu dengan rileks. Serileks dan semudah ketika kita berkomunikasi dengan teman baik kita.

Sobat muda muslim, di buku ini kamu juga bakalan saya ajak untuk berselancar mengenali teman kamu. Siapa teman kamu, apa yang harus dilakukan saat berteman, dan bagaimana berpegang teguh terhadap prinsip kita ketika berbenturan dengan perbuatan teman kita. Jujur saja, berdasarkan pengalaman, seringkali kita kesulitan untuk berkata “TIDAK” kepada teman yang ngajak nggak baik. Insya Allah di buku ini kamu bisa menimbang dan mencoba tips-tips yang saya tawarkan.

Saya mencoba menyelami seluruh masalah (kalo bisa) yang dihadapi teman-teman remaja. Selain masalah keluarga dan teman, remaja biasanya juga kurang pede dengan kehidupannya. Seringkali teman remaja gamang dengan hidup ini, khususnya ketika kenyataan tak sesuai dengan harapan dan keinginannya. Insya Allah di buku ini saya memberikan support buat kamu semua tentang menikmati hidup ini. Saya buatkan bab khusus untuk itu. Kamu bisa juga menjajalnya.

Ini berbeda dengan buku-buku saya sebelumnya yang lebih menekankan perubahan pada pola pikir yang dilengkapi dengan solusi sistemik, karena memang inilah kunci sebuah kesadaran dan perubahan (kamu udah baca kan buku saya yang lain: Jangan Jadi Bebek, Andai Kamu Tahu, Jangan Jadi Seleb, dan Jangan Nodai Cinta). Tetapi, saya tidak akan mengabaikan pula aspek praktis. Itu sebabnya, saya mencoba memenuhi keinginan sebagian besar pembaca buku saya yang kebetulan bertanya pada acara-acara bedah buku saya di berbagai daerah. Semoga saja ini dapat membantu menemukan apa yang diharapkan teman pembaca.

Bisa dibilang pula, bahwa artikel-artikel ini merupakan bentuk jawaban dari sebagian pertanyaan yang dilontarkan kepada saya. Untuk itu makasih banget buat semua pembaca buku saya, sehingga saya mampu memberikan jawaban yang relatif lebih awet karena dibukukan. Semoga buku ini menjadi pelengkap buku-buku saya yang lainnya. Sehingga kamu bisa baca lebih nikmat dan renyah tambah wawasan.

Oya, saya sebenarnya sempat bingung dengan format buku ini, karena memang sangat teknis. Tapi, ketika saya membaca buku berjudul Biarkan Anak Bicara yang saya beli waktu pameran buku, saya seperti menemukan jalan lempang. Karena buku tersebut juga praktis tapi berisi normatif, dan uniknya dilengkapi dengan tips-tips singkat dan jelas. Itu sebabnya, di buku ini kamu juga akan saya bantu dengan beberapa tips singkat untuk mewujudkan harapanmu.

Nggak akan banyak cerita tentang isi buku ini, lebih baik kamu baca aja deh. Insya Allah ditanggung antimanyun (pede banget ya?). Karena penjelasan yang terlalu banyak juga bikin bosen. Betul nggak seh? (ini nggak maksa kok, Bro! Hehehe…)

Bogor, 17 Juni 2004

Oleh Solihin

==

Yang Bisa Kamu Dapatkan di Buku Ini…

Pengantar

Bagian Satu: Temanku, Sahabatku

a.       Selektif Memilih Teman

b.      Teman Sebagai Inspirasi

c.       Menegur Teman

d.      Never Say Goodbye

Bagian Dua: Keluargaku, Surgaku

a.       Memahami ‘Gaya’ Orangtua

b.      Menjadi Teladan bagi Adik

c.       Belajar Mandiri

d.      Buat Mereka Bahagia

e.       Tunjukkan Kemampuan Kita

f.        Inilah Keluarga Kita

Bagian Tiga: Ortuku, Sahabatku juga

a.       Jika Ortu Seperti Sahabat

b.      Menahan Ego Kita

c.       Berikan Cinta Kepadanya

Bagian Empat: Hidupku, Kenikmatanku

a.       Berjalan Tanpa Beban

b.      Resepnya: Nggak Pernah Bosan!

c.       Jangan Minder Ya…

d.      Gagal Itu Biasa

e.       Coba Deh Disiplin

f.        Selalu Ada Jalan Keluar

g.       Senantiasa Mengasah Kemampuan

h.      Berpikir Positif

i.        Bertobat? Ayo Aja!

Bagian Lima: Dakwahku, Aktivitasku

a.       Ngaji? Enjoy Aja Lagi!

b.      Ketika Rasa Bete Tiba

c.       Dicurigai Teman Ngaji

d.      Hadapi Tantangan Dakwah

e.       Belajar, Belajar, dan Belajar

f.        Berkorban Demi Kebenaran

Profil Penulis

Untuk informasi harga buku ini dan buku lainnya, silakan [KLIK DI SINI]

Salam,

O. Solihin

2 responses to “[info] Buku: “Bangkit Dong, Sobat!”

  1. assalamualaikum..
    ana penggemar bku2 kado untuk remaja pokonya mah terbitan GIP, abis selain selalu di diskon pas pameran buku braga isinya menarik pas banget sama keseharian remaja..

    ana jdi terharu bca cerita pa O.solihin


    ‘alaikumussalam wr wb
    Wah, berarti saya bertemu dengan salah seorang pembaca buku2 saya. Terima kasih ya udah mampir ke blog saya dan ngasih komentar pula. Juga atas apresiasinya thdp buku2 saya tersebut. Semoga ada manfaatnya ya. Tetap semangat!
    Salam,
    O. Solihin

  2. Yang udah saya punya bukunya:
    1. jangan nodai cinta (waktu awal kuliah belinya)
    2. jadi penulis hebat (kiriman dari penulisnya)
    3. Jomblo’s Diary (hadiah dr penulisnya)
    4. Jangan jadi bebek (pinjem dari temen)

    moga sukses dan barokah slalu =)


    Hmm.. kalo begitu, silakan beli buku saya yang lainnya Hehehe. makasih Mbak Dwi.. sukses dan tetap semangat untuk menulis!
    Salam,
    O. Solihin

Kantunkeun Balesan

