Bete? Ngaji Aja!

Terus, berdasarkan survei kecil-kecilan nih, belum ada tuh anak ngaji yang bawaannya sutris melulu. Jarang ditemukan (atau memang nggak ada) anak ngaji yang kerap melamun en malas ngapa-ngapain. Kalo pun ada, biasanya tuh bocah sulit nyetel dengan komunitas anak ngaji. Kenapa sulit nyetel? Bisa aja niat gabungnya nggak mantep. Jadi masih angin-anginan. Tapi insya Allah kalo kita mantep, rasa-rasanya nggak bakalan sampe bete ikut ngaji. Betul lho.

Read Article →

Jangan Korbankan Wanita!

Sekarang ini kaum wanita makin sering bicara soal martabat dan persamaan derajat dengan laki-laki (termasuk dalam RUU KKG). Ide-ide feminisme pun berkembang dengan lancar dan tampak mendapat sambutan yang antusias dari—tentu—kalangan wanita juga laki-laki yang setuju ide feminisme. Mereka berpikir bahwa sudah saatnya untuk menyamakan peran dengan laki-laki. Meski akhirnya tanpa disadari narus mengorbankan harga dirinya.

Read Article →

Ujian Nasional dan Produk Gagal Kapitalisme

Tujuan pendidikan dalam Islam adalah membentuk manusia yang beriman, berilmu, dan tentu saja pandai menghiasi kehidupannya dengan amal shaleh. Lha, kalo sekarang? Duh, Kapitalisme udah menggerus kepribadian kita: akhlak yang rusak, termasuk kualitas penguasaan ilmu pengetahuannya yang kurang bagus. Jadi, kalo masih banyak pelajar yang nggak lulus UN, tentu kesalahan bukan cuma pada pelajar tersebut, tapi ideologi yang mengatur kehidupan ini yang wajib disalahkan.

Read Article →

Indonesia Digempur Musik!

Kegandrungan akan musik ini ditangkap dengan cermat oleh pelaku bisnis untuk semakin mempertebal pundi-pundi uang mereka. Tayangan di televisi oleh stasiun apapun selalu ada program musiknya. Parahnya adalah jadwal tayang ini bertepatan dengan remaja-remaja seusia kamu harusnya pergi sekolah. Bukannya belajar, para remaja ini malah jejingkrakan nonton acara musik yang ditayangkan secara langsung.

Read Article →

Revolusi Diri, Revolusi Negeri

Nah, masalahnya adalah, apakah revolusi harus selalu identik dengan kekerasan? Nggak adakah revolusi yang dilakukan dengan tanpa darah? Kita, saat ini udah dijejali dengan fakta dan informasi bahwa revolusi selalu identik dengan kekerasan. Di televisi kita diperlihatkan bagaimana aksi massa yang berunjuk rasa sering berakhir ricuh. Fakta terakhir kita disuguhi gambaran aksi demo menolak kenaikan harga BBM yang dilakukan dengan cara anarkis.

Read Article →

“Tragedi Girlband Berkerudung”

Alhamdulillah ketemu lagi nih dengan sobat gaulislam semua ya. Sekarang, gue bakal ngulik soal ‘pick the band’ acara ajang adu bakat BoyGirl Band Indonesia alias BGBI yang sempat tayang di sebuah stasiun televisi swasta . Hmm, mungkin menurut kamu rada basi yah cos acaranya udah kelar bahkan pemenangnya pun udah terpilih. Tapi better late than never dah. Daripada kalo nggak pernah dibahas malah jadinya nggak ngeh gimana seharusnya muslimah berekspresi seni namun tetep syar’i.

Read Article →

Bahagia Tanpa Narkoba

Bro and Sis ‘penggila’ gaulislam, dari sekian banyak tingkatan umur manusia, hanya kaum remajalah yang biasanya mempunyai tingkat keingintahuan paling tinggi. Dunia remaja sarat dengan dunia petualangan mencari jati diri dan mencoba hal-hal baru dengan mengesampingkan pertimbangan yang mendalam. Remaja cenderung mencari hanya kepuasan yang dapat dinikmati segera. Itulah sebabnya, mengapa kalangan remaja menjadi pangsa pasar terbesar penyebaran narkoba.

Read Article →

Muhasabah Yuk!

Sobat muda muslim pembaca setia gaulislam, muhasabah di sini artinya senantiasa memeriksa diri kita sendiri. Sudah sejauh mana sih yang kita raih dalam beramal baik. Sudah banyak nggak pahala yang kita perbuat, atau jangan-jangan malah sebaliknya kedurhakaan yang mengisi penuh pundi-pundi amal yang bakalan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah? Aduh, naudzubillahi min dzalik!

Read Article →