Tetap Nge-BLOG, Terus Nulis, Senantiasa Berdakwah

Blog, bagi saya adalah sarana di dunia maya untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat kita (baik tertulis maupun dalam bentuk suara, gambar, foto, dan juga video). Blog adalah media online mirip catatan harian kita untuk menampilkan apa yang kita rasakan dan ingin kita tuangkan agar bisa dibaca oleh orang lain dan mereka bisa mengambil manfaat dari apa yang kita sampaikan.

Read Article →

Remaja, Ukir Prestasimu!

Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Tahu nggak arti dari prestasi? Yup, prestasi memiliki makna menjadi lebih. So, kalau kita masih sama aja ama orang lain, berarti itu belum dikatakan berprestasi. Sebagai seorang muslim maka berprestasi itu adalah hal yang penting. Karena bagi seorang muslim, menjadi lebih atau melakukan perbuatan yang terbaik adalah kewajiban. Ini sesuai sabda Rasululllah saw.: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan perbuatan ihsan (kebaikan yang maksimal) pada segala sesuatu.” (HR Muslim)

Read Article →

Apa Tujuan Hidupmu?

Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Setiap tahun selalu ada acara seremonial (belaka). Mungkin ada yang melaksanakan upacara, bikin lomba terkait momen tersebut, atau sekadar hiburan dan senang-senang saja atas nama peringatan hari Sumpah Pemuda. Selain itu, ada juga memikirkan esensinya, bukan sekadar peringatannya. Misalnya, mempertanyakan konsep diri dan jati diri para pemuda.

Read Article →

Remaja Muslim Sejati

Apa itu sejati? Kamu tahu kan? Hah? “Sejati sama dengan sekali jajal langsung mati?” Aduuuh… nggak banget deh! Sumpah! Kalo sekali jajal langsung mati, gimana ceritanya dong? Di film-film aja kalo jagoan meskipun berkali-kali jungkir-balik plus jatuh-bangun juga tetap bertahan dan akhirnya jadi pemenang. Emang sih ada film yang sad ending alias sedih di akhirnya. Tetapi umumnya untuk memanjakan penonton biasanya banyak film klimaksnya adalah jagoannya mesti menang, apapun caranya. Sekali lagi, yang penting menang. Titik.

Read Article →

Murnikah Pengorbananmu?

Sobat muda, tanpa terasa waktu telah membawa kita menapaki Hari Raya Idul Adha tahun ini. Hari raya kedua bagi Umat Islam yang identik dengan semangat pengorbanan. Semangat pengorbanan yang ditularkan Nabi Ibrahim ‘alaihi salam ketika ikhlas mengorbankan anak satu-satunya, yang begitu dicintai, yang kehadirannya telah lama ditunggu. Namun, demi menjalankan ketaatan pada Allah Swt., semuanya menjadi ringan untuk dikerjakan. Catet ya, Bro en Sis!

Read Article →

Back on the Right Track

Bahasa Inggris nih judulnya. Tetapi semoga kamu paham ya. Hehehe… maksudnya nih “kembali ke jalan yang benar”, yakni jalan Islam. Lho, emang ada di antara kita yang ke luar jalur Islam? Bisa jadi banyak lho. Nggak percaya? Silakan disurvei. Yup, mayoritas remaja jaman sekarang ini nih, adalah sesuatu yang miris untuk disorot. Kenapa ya? Meskipun banyak sudut baik yang dapat dilihat dari remaja pada saat ini, namun ada banyak remaja pada zaman ini yang bikin para ortu pada ngelus dada. Prihatin.

Read Article →

Ketika Ukhuwah Tak Lagi Indah

Memulai memang berat, tapi lebih berat lagi merawatnya. Sebab, orang yang selalu ber­sama itu bukan tak mungkin muncul gesekan di antara keduanya. Kamu yang sama-sama aktif di Rohis sekolah, bisa juga muncul benih-benih yang bisa merapuhkan ikatan ukhuwah. Perbedaan pendapat dalam hal-hal yang umum dan mubah bisa saja terjadi. Misalnya, ketua Rohis ingin bikin acara sanlat, sementara anggota Rohis ada yang nggak setuju karena misalnya ngerasa acara seminar remaja justru lebih pas ketimbang sanlat. Nah, kalo hal itu nggak dikomunikasikan dengan baik, bisa muncul konflik yang bisa mengancam keutuhan ukhuwah kita.

Read Article →

Mahasiswa ‘Dunia-Akhirat’

Kalo sekarang udah jadi mahasiswa, tentu bukan saatnya main-main lagi (sebenarnya dari SD sampe sekarang juga udah nggak main-main soal pendidikan dan masa depan). Bro en Sis, masa kuliah adalah masa penentuan spesifikasi masa depan kamu. Ya, meskipun nggak sedikit juga orang yang salah ngambil jurusan. Atau pekerjaan yang didapat setelah lulus kuliah, nggak sesuai dengan jurusannya. Tetapi yang pasti, kehidupan harus terus berjalan dan banyak hal yang tetap bisa kamu lakukan untuk masa depan keluarga, karir dan tentunya dakwah serta perjuangan Islam juga dong. Jadilah mahasiswa “dunia-akhirat” yang emang harus berprestasi dengan benar dan baik demi kehidupan di dunia dan juga mencari bekal untuk kehidupan akhirat kelak.

Read Article →

Nikmati Dunia, Tetapi Akhirat Tujuan Utama

Berkaitan dengan kecintaan kepada dunia ini, memang banyak banget faktanya. Perhiasan dunia itu sering menipu, gemerlapnya bisa bikin kita terlena. Itu sebabnya, banyak manusia menjadikan dunia sebagai tujuan akhir. Boleh sih, memiliki perhiasan dunia, tetapi seperlunya saja dan jangan melupakan akhirat. Sobat muda, sebagai muslim bukan berarti kita membenci dunia sepenuhnya, Nggak juga kok. Akhirat memang yang utama, tetapi dunia juga boleh kita nikmati.

Read Article →

Apa Kabar Kaum Muslimin?

Bagi kamu yang ngikutin perkembangan berita sepekan terakhir ini, masih terasa suasana hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus), pastinya tahu juga dong peristiwa di Mesir? Mengetahui juga dong kejadian-kejadian seputar arus balik mudik lebaran? Mungkin juga ngeh hal-hal yang berkaitan dengan kasus penembakan polisi oleh orang tak dikenal? Ini baru peristiwa-peristiwa yang jadi trending topic (kalo mau pake istilah di twitter land). Peristiwa ‘sisipan’ juga sangat banyak: kriminalitas, narkoba, seks bebas, pacaran, pelacuran, korupsi dan sejenisnya. Ya, intinya semua peristiwa yang terjadi di negeri ini maupun negeri lain, lebih banyak berkaitan dengan kaum muslimin. Seringkali saya berpikir, kita ini banyak juga jumlahnya, tetapi bagai buih di lautan. Diombang-ambing ke sana ke mari nggak karuan.

Read Article →

Jejak Ramadhan Tak Membekas

Hmm… kegiatan paling utama di awal bulan Syawal biasanya adalah silaturahim dengan keluarga inti, kerabat dekat, juga menjalin ukhuwah dengan tetangga dekat, kawan satu sekolah, sahabat seperjuangan dalam dakwah dan masih banyak lagi (termasuk dengan ‘jamaah facebookiyah dan twiteriyah’). Wuih, indahnya silaturahmi dan silah ukhuwah. Semoga itu berlanjut di hari-hari berikutnya pada 11 bulan yang akan datang hingga kembali menjumpai Ramadhan tahun depan. Insya Allah.

Read Article →

Sampai Jumpa Lagi, Ramadhan!

Sobat gaulislam, tanpa terasa kita telah berada di penghujung bulan penuh berkah ini, bulan Ramadhan. Ya, tak terasa memang. Dulu, begitu menapaki hari pertama Ramadhan, mungkin sempat terbersit di benak bahwa waktu satu bulan pasti akan terasa begitu lama. Apalagi dalam kondisi lapar dan haus. Namun kini, ketika Ramadhan telah tinggal hitungan hari (saat buletin kesayangan kamu ini terbit, sudah hari ke-27 Ramadhan, bertepatan dengan 5 Agustus 2013), waktu satu bulan ternyata tak selama yang kita bayangkan sebelumnya. Tak terasa. Tahu-tahu sudah harus berpisah dengan bulan yang penuh dengan keberkahan ini. Ternyata, sebutan waktu yang lama, satu bulan, satu tahun, hanya terasa bagaikan satu hari ketika kita telah menapaki ujungnya.

Read Article →

Pahami Islam dari Sudut Pandang Islam

Memahami Islam dari sudut pandang Islam ini perlu dan wajib kita lakukan. Sebabnya, nggak mungkin dong kita akan memahami Islam tapi menggunakan kacamata Barat atau kacamata sekularisme. Itu sama artinya nggak bakalan nemuin kejelasan. Kalo memahami Islam, wajib dari sudut pandang Islam. Jadi nih, kalo ada yang bilang bahwa Islam itu bias gender karena nggak menghargai wanita, tapi melihatnya dari sudut pandang sekularisme atau peradaban Barat, ya itu namanya tulalit. Apalagi kalo kemudian kita kepancing menjelekkan Islam karena menggunakan kerangka berpikir Barat. Wah, jangan sampe deh.

Read Article →

Ramadhan dan Media Massa

Sobat muda, kita sebenarnya nggak ingin banget kehilangan makna Ramadhan gara-gara terpengaruh tayangan Ramadhan di televisi yang malah kian ngejauhin kita dari ketakwaan yang coba ditumbuhkan di bulan mulia ini. Tapi, nyatanya memang demikian—bukan ketakwaan yang tumbuh, tetapi ketawaan yang nyaris ada di setiap acara televisi. Kita jadi merasa santai dalam menjalani Ramadhan ini karena nggak ada tambahan ilmu. Padahal, kita lebih banyak hobi nonton televisi ketimbang baca buku atau dengerin ceramah ustad kalo kultum tarawih dan kuliah subuh atau di acara sanlat. Nah, lho. Ayo, ngaku! Hehe..bukan nuduh nih.

Read Article →

Ngulik Kegiatan di Akhir Ramadhan

Wah, nggak terasa ya, Ramadhan akan segera berakhir (saat buletin kesayanganmu ini terbit—29 Juli 2013, Ramadhan udah di hari ke-20). Orang-orang sudah mulai disibukkan dengan aktivitas menyambut lebaran. Ada yang sibuk bikin kue, ‘maraton’ cari baju lebaran, ada yang udah mudik, merenovasi rumah dll. Semua aktivitas yang semula ditujukan untuk fokus menyambut Ramadhan, teralihkan menjadi euforia menyambut lebaran.

Read Article →

History Made Everyday!

Bro en Sis rahimakumullah, nyadar nggak kalo sebenernya sejarah itu, diukir setiap hari. Sejarah itu tidak muncul begitu saja, langsung jatoh dari langit. Tidak. Tetapi dibangun sedikit demi sedikit, pelan-pelan, penuh dengan kerja keras dan pengorbanan besar, walapun kadang hanya untuk menorehkan sedikit saja kenangan manis dalam dinding sejarah. Namun sebelum sejarah manis tersebut bisa dituliskan, tetep kudu dikerjakan dulu, Bro!

Read Article →