Aduh, Ada Sampah di Sini


Layaknya sebuah “hajatan” maka hal yang perlu ditangani meski terlihat sepele adalahpict0005a.jpg sampah. Benar, kita tidak menapikan bahwa sampah tak boleh ada dalam kehidupan kita. Sampah pasti selalu menemani kita dalam kehidupan ini. Itu sebabnya, yang diperlukan bukanlah menghindari tak adanya sampah, tapi adanya upaya untuk mengatur jangan sampai sampah tak terangkut ke tempat yang semestinya. Upaya tersebut tentu saja agar pengelolaan sampah menjadi teratur dan bisa meminimalisir polusi bau bagi orang-orang di sekitarnya.

pict0004a.jpg Seperti tampak pada gambar ini, adalah foto “menggunungnya” sampah yang berhasil saya ‘abadikan’. Sayang sekali di acara sebagus FJB ini, jika sampah ‘ikut-ikutan’ meramaikan suasana bahkan berdiri tegak dengan kokohnya di antara lalu-lalang pengunjung. Saya yakin bahwa panitia sudah mengantisipasi masalah ini (karena tak lama setelah saya bidik gundukan sampah ini dengan kamera, ada tim pengangkut sampah menjemput bongkahan sampah tersebut), hanya saja masih perlu pernbenahan. Misalnya dengan tidak menempatkan wadah sampah di tengah-tengah area lalu-lintas pengunjung. Bisa saja dengan menyiapkan tempat-tempat khusus di area tertentu yang mudah dijangkau bagi pengunjung untuk membuang sampah, bila perlu tertutup supaya pemandangan seperti ini tidak merusak “hajatan” FJB yang sejatinya memberikan kesan nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung dalam menikmati jajanan yang digelar. Semoga pada festival tahun depan, hal ini bisa menjadi perhatian serius dari penyelenggara untuk menumbuhkan imej sehat dan bersih, karena yang dijual adalah makanan. Berarti soal selera, rasa, dan penyajian. Akan sangat menyenangkan jika tempatnya bersih, nyaman, dan aman saat menyantap makanan sehat bergizi, selera berkelas, dan bercitarasa tinggi[O. Solihin]

Satu pemikiran pada “Aduh, Ada Sampah di Sini

  1. Reportase yang jujur dan memberikan kritikan dengan sangat baik. Salam kenal Mas! Saya termasuk penggemar tulisan2 Anda, dan baru tahu jika Anda memiliki blog sebagus ini dengan banyak ragam pembahasan. Terima kasih dan sukses selalu dalam berkarya untuk umat!

Kantunkeun Balesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s