Sate Padang (Tentu) Tanpa Kecap


pict0019a.jpgPikiran saya tentang Festival Jajanan Bango adalah dijajakannya beragam masakan dan makanan yang dibumbui kecap. Tapi, ternyata dugaan itu salah besar. Saya malah menemui penjaja Sate Padang. Sate Padang Pariaman Gandaria ini ‘nekat’ berjualan meski sate Padang menurut saya tak pernah menggunakan kecap. Selain Sate Padang ini termasuk makanan favorit saya, juga rasa-rasanya masih penasaran karena makanan tersebut diikutkan dalam Festival Jajanan Bango ini (yang identik dengan kecap). Waktu itu saya berpikir, “Barangkali ini Sate Padang yang ini lain, yakni menggunakan kecap.” Meski sebenarnya tetap saya mengingkari jika Sate Padang menggunakan kecap. Tapi karena rasa penasaran saya tinggi, akhirnya saya menyambangi juga gerai tersebut. Nah, ketika saya mencoba mewawancarai salah seorang kru stan tersebut, saya dengan polos menanyakan: “Sate Padang kan tidak menggunakan kecap. Tapi kok ikutan acara ini?” Jawaban penjaga stan: “Sate Padang memang tidak menggunakan kecap. Tapi kami diundang untuk ikut dalam festival ini.”

Ya, sate Padang memang tidak menggunakan kecap sebagai penyedap rasa. Itu juga saya buktikan langsung saat menyantap Sate Padang yang foto stan-nya saya sertakan dalam tulisan ini. Tapi menurut saya upaya panitia mengajak penjaja Sate Padang ke acara Festival Jajanan Bango patut disambut baik. Sebab, sangat boleh jadi ada pengunjung yang berniat hanya sekadar jalan-jalan dan ternyata mendapati juga makanan favoritnya (yang tanpa kecap) dijajakan di festival tersebut.

Meski demikian, bagi pencinta kecap bukan halangan untuk menjajal masakan yang sejatinya tanpa kecap, akan ‘dikucuri; kecap kesukaannya. Siapa tahu juga akan merasakan pengalaman menikmati rasa baru dalam menyantap makanan yang awalnya tanpa menyertakan kecap sebagai penyedap rasa menjadi lebih berasa dengan campuran kecap. Bukan tak mungkin kan? Silakan dicoba saja. Insya Allah halal dan sangat boleh jadi menemukan resep baru yang bagus: Sate Padang dengan kecap. Atau…mungkin sebenarnya sudah pernah dicoba? Bila sudah, maaf, karena saya masih merasa bahwa Sate Padang memang tanpa kecap jadi belum tahu tren terbaru Sate Padang dengan kecap. Hmm… ma’ nyoss kali ya! [O. Solihin]

Kategori Catatan PerjalananTag , , , , ,

1 thought on “Sate Padang (Tentu) Tanpa Kecap

  1. Laporannya bagus banget. Jadi penasaran yang belum ke acara tersebut. Kapan2 jika ada tsb lagi saya mau ke sana ah…
    Terima kasih atas informasi bermanfaatnya bagi saya…
    salam kenal Mas!

Kantunkeun Balesan

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close