Kerja Besar Dimulai dari Langkah Pertama


Catatan Kecil dari acara “Talkshow: Ramadhan Ceria, Ramadhan Penuh Makna”

Assalaamu’alaikum wr wb

Jam 10.05 WIB saya dan kru gaulislam (Ikrar, Samsi, Utha dan Upi) tiba di tempat acara. Gedung Markaz Islam Bogor (dahulu namanya PPIB). Masih lengang. Karpet masih kosong. Nampaknya karpet memang didesain untuk selalu seperti itu sejak awal Ramadhan. Supaya kalo ada acara bisa langsung dipakai saja. Nggak perlu dibenahi lagi. Siapapun yang melaksanakan acara, karpet adalah tempat duduknya (oh ya, nggak cuma buat duduk, tapi juga buat tiduran boleh.. selama dirimu nggak gatal-gatal aja nantinya hehehe..). Di beberapa titik ngejogrok speaker yang dipajang melebihi tinggi badan saya. Podium udah ada. Beberapa aksesoris untuk di panggung sisa acara sebelumnya masih berserakan. Wah, ini sih belum siap benar. Saya dan kawan-kawan langsung menuju lantai dua gedung Markaz Islam, yakni studio Radio MARS 106 FM sebagai tempat ngumpul breefing acara. Tapi teman-teman dari MARS 106 FM belum banyak yang hadir. Waktu itu cuma Kang Ari saja yang memang standby untuk siaran radio. Ngobrol sebentar dengan kru gaulislam, mengontak teman-teman kru MARS 106 FM, dan akhirnya saya meninggalkan kru gaulislam untuk pulang terlebih dahulu menyiapkan segala sesuatunya untuk acara sore.

Selama di rumah saya kontak beberapa kru yang akan menjadi pengisi acara. Selain mengingatkan Kang Iwan Januar untuk bawa buku sebagai doorprize, juga meminta kru VOI (Voice of Islam) dan tim nasyid Ar-Rijaal untuk datang lebih awal. Bila perlu sebelum masuk waktu ashar. Karena mereka harus tampil di exstra opening: Jam 15.40-16.00 WIB. Komunikasi dengan kru gaulislam di tempat acara juga terus berlangsung di sela-sela saya mengerjakan persiapan untuk acara talkshow. Pukul 14.40 saya berangkat dari rumah bersama istri dan anak-anak. Sekitar 20 menitan sampai di tempat acara. Saat saya memasuki pelataran parkir di basement Masjid Raya, waktu sudah menjelang ashar. Sekitar 10 menitan lagi. Jadi masih ada waktu untuk menyiapkan segalanya.

Oya, ini adalah acara perdana yang kami gelar. Buletin Remaja gaulislam bekerjasama dengan Radio MARS 106 FM Bogor. Alhamdulillah, buletin yang saya kelola bersama kawan-kawan ini sudah menjalin kerjasama dengan dua radio sekaligus di kota Bogor ini untuk menyebarkan syiar Islam. Pertama dengan Radio KISI 93.4 FM Bogor, sejak 23 Juli 2008. Kedua dengan Radio MARS 106 FM yang secara resmi bekerjasama dengan Buletin Remaja gaulislam pada Juni 2010. Tetapi kerjasama secara individual sudah berlangsung sejak lama. Mulai bulan Maret 2008. Waktu itu saya menjadi salah satu narasumber Program Remaja Shalihin. Program ini terselenggara atas kerjasama MARS 106 FM dengan Mabda Institute. Tapi pada akhir 2008 tidak jelas lagi bentuk kerjasamanya, maka akhirnya saya secara pribadi yang melanjutkan kerjasama tersebut hingga sekarang dengan memasukkan Buletin Remaja gaulislam dalam kerjasama terbaru dengan menghadirkan acara bukan hanya Remaja Shalihin, tapi juga Fresh! Air dan Taman Curhat Remaja. Itu artinya, Buletin Remaja gaulislam mengudara tiga kali dalam setiap pekannya di Radio MARS 106 FM Bogor. Ditambah satu kali mengudara di Radio KISI 93.4 FM Bogor dalam setiap pekannya, yakni dalam Program [klinik] gaulislam yang ditayangkan setiap Rabu pagi.

Ok. Kembali ke acara yang mau saya ceritakan tersebut. Untuk memberikan informasi lebih dan mengenalkan lebih jauh mengenai Radio MARS 106 FM dan Buletin Remaja gaulislam, maka digelarlah acara ini. Agar para pembaca gaulislam yang sudah terbiasa setiap pekannya mendapatkan informasi dari buletin, dan para pendengar MARS 106 FM yang setiap saat stay tune untuk mengikuti acara-acara dari radio bisa mengetahui dan mengenal para penulis gaulislam dan penyiar MARS 106 FM. Semoga memang ada manfaat yang bisa diambil bagi siapa saja yang ingin mengambil manfaatnya.

Hmm.. acara yang seharusnya mulai digelar pada 15.40, setelah waktu shalat ashar, ternyata malah belum juga dimulai. Masih lengang. Para peserta belum datang.Waktu itu tim nasyid ar-rijal yang sudah siap dan sedang check sound. Meski peserta belum banyak yang hadir, tapi tim nasyid Ar-Rijal langsung mengisi acara. Membawakan beberapa lagu sampai pada pukul 16.10 dimana para peserta mulai berdatangan. Dilanjut dengan penampilan Mas Dedy Arif Fasihin dari Voice of Islam membawakan lagu “Pendidikan di Masa Khilafah”. Sementara panitia mulai sibuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan makin banyaknya peserta yang hadir. Samsi dan Utha ditugaskan jadi penerima tamu. Sekadar tahu aja, kedua kru gaulislam ini memang rajin nyambangi ke sekolah-sekolah di Bogor, baik daerah kota maupun kabupaten. Jadi, nggak asing lagi bagi para peserta yang mengenalnya langsung hapal dengan settingan dasar kedua kru gaulislam ini, meskipun sudah dipoles di sana-sini dengan dandanan berbeda dari biasanya (hehehe.. Utha ama Samsi kan kalo kirim-kirim gaulislam tampilannya gaul banget.. lha sekarang Samsi pake baju koko, Utha berkemeja. Swit swiw).

Bro en Sis, akhirnya acara dimulai juga meski dengan waktu yang sudah sangat terlambat: Pukul 16.30. MC yang dibawakan dengan bagus oleh Kang Uci dan Kang Icang dari ar-Rijaal langsung menyapa peserta dengan meriah. Disusul berikutnya dengan penampilan Kang Ridwan dari ar-Rijaal yang membaca al-Quran dengan suara merdunya. Lalu ada sambutan dari Ustad Husna sebagai wakil dari MIB (Markaz Islam Bogor) dan Kang Ali Pangestu (ketua pelaksana acara). Acara berikutnya adalah Jumpa Penyiar MARS 106 FM. Satu per satu kru MARS 106 FM naik ke panggung: Kang Ali Pangestu, Kang Woko, Kang Ari, Kang Rosid, dan Mbak Fitri. Ya, kebetulan tidak semua bisa hadir. Tapi setidaknya bisa memberikan informasi kepada hadirin bahwa merekalah para penyiar yang mungkin suaranya sudah akrab di telinga tapi baru kali itu bisa melihat sosoknya.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 5 menitan, giliran kru gaulislam yang naik panggung ngenalin diri. Jumpa penulis gaulislam ini rupanya ditunggu-tunggu peserta (jiahaaha geer banget!). Saya mewakili kru gaulislam memandu acara perkenalan singkat itu. Dimulai dari saya ngenalin diri, dilanjut Kang Anto Apriyanto, dilanjut Ikrar, Upi, Utha dan Samsi. Sebenarnya masih ada kru penulis gaulislam lainnya, namun mereka tidak bisa hadir karena jauhnya jarak mereka: ada di Surabaya (Ria Fariana) dan di Banjarmasin (Anindita). Oya, satu lagi penulis perempuannya, Nafiisah yang juga tidak bisa hadir ditambah satu kru penulis cowok, yakni Aribowo yang nggak fit kondisinya nggak bisa hadir. Tapi, meski tidak full team, semoga bisa memberikan informasi yang cukup bagi pembaca gaulislam. Minimal mengobati rasa penasarannya terhadap orang-orang yang tulisannya bisa dibaca setiap pekan tersebut.

Waktu terus berjalan tanpa pernah balik mundur atau berhenti. Maka, tibalah saatnya ke puncak acara, yakni Talkshow Remaja: “Ramadhan Ceria… Ramadhan Penuh Makna”. Talkshow dipandu oleh Abdul Malik Badeges dari ar-Rijaal (halah, nih semua didominasi sama ar-Rijaal nih.. hehehe). Narasumbernya kebetulan saya sendiri dan Kang Iwan Januar. Sayangnya, meski acara utama tapi talkshow hanya berlangsung tak lebih dari 30 menit. Karena ada selingan tim nasyid dari Voice of Islam dan juga bagi-bagi hadiah bagi peserta yang bertanya. Para peserta yang dapetin buku dari saya dan kang Iwan Januar kayaknya seneng banget deh. Yup, peserta yang bertanya dapat buku dari saya: Muda Luar Biasa! dan Menjadi Penulis Hebat serta buku dari Kang Iwan Januar: Surga Juga Buat Remaja, Lho! Talkshow yang dihadiri oleh hampir 200 peserta ini akhirnya ditutup pas berbarengan dengan kumandang adzan maghrib dari Masjid Raya Bogor. Mepet banget. Tapi mudah-mudahan ada manfaat yang bsia diambil. Semoga. Peserta langsung diberikan tajil berbuka dengan kurma dan air putih, untuk kemudian bersama-sama shalat berjamaah ke Masjid Raya.Tak jauh dari tempat acara. Dan, selanjutnya makan bersama setelah melaksanakan shalat maghrib berjamaah sambil diiringi beberapa lagu dari tim nasyid ar-Rijaal.

Menjelang pukul 19.00 peserta sudah banyak yang mulai meninggalkan tempat acara. Saya sempat ngobrol dengan kawan-kawan utusan dari SMKN 1 Bogor, juga bersama guru pembina mereka yang menyempatkan hadir dalam undangan kami. Juga dengan kawan-kawan mahasiswi dari UIK (Universitas Ibnu Khaldun) Bogor. Mereka minta ada follow-up. Ok. Insya Allah sudah kita rancang dan akan direalisasikan nanti. Setidaknya, yang ada dalam benak saya dan kawan dari MARS 106 FM, kita akan buatkan komunitas. Insya Allah. Saya sendiri mau menawarkan pelatihan jurnalistik, workshop menulis, dan workshop broadcasting. Tentu saja ada kajian Islamnya juga khas gaulislam. Minimal bedah buletin gaulislam keliling ke setiap sekolah. Insya Allah. Semua peserta sudah pulang, ruangan tempat berlangsungnya acara tampak lengang. Panitia juga mulai berkemas, dan akhirnya saya pulang bersama isyri dan ketiga anak saya yang sore itu ikut hadir. Semoga kita bisa berjumpa di lain acara dan lebih baik lagi kemasannya nanti. Tapi kami para panitia, merasa bangga dengan hasil hari itu. Memang masih banyak cacat, tapi untuk ukuran gelaran perdana, sudah lebih dari cukup. Bukankah kerja besar harus dimulai dari langkah pertama? Tetap semangat dan sampai jumpa di acara berikutnya. Insya Allah.

Salam,

O. Solihin

Editor gaulislam

PS:

Terima kasih kepada: Pak Yogi dari MIB, Pak Budi (MARS FM); semua kru MARS FM lainnya; Kang Hilman yang udah menyiapkan company profile tapi maaf tidak jadi ditayangkan slide-nya; kru gaulislam (Utha; Ikrar; Samsi; dan Upi); seluruh pendukung acara; dan tak lupa kepada utusan dari SMAN 2 Bogor, SMAN 3 Bogor; SMAN 4 Bogor; SMAN 8 Bogor; SMKN 1 Bogor; SMKN 2 Bogor; SMKN 3 Bogor; MAN 2 Bogor; SMK Wijaya Plus; SMK Tridarma 2&4; SMK Mahardika; SMPN 10 Bogor; SMPN 7 Bogor; guru-guru dari TK ar-Rafi, TK Kartika Siliwangi dan SD Kesatuan; juga kawan-kawan mahasiswi dari UIK Bogor dan UNJ (Universitas Negeri Jakarta). Terima kasih atas kehadirannya dan sampai jumpa di acara berikutnya. Insya Allah.

Iklan
Kategori Catatan Perjalanan, CoretankuTag , , , , ,

Kantunkeun Balesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close