Memberi makan kepada para mujahid


Abu Bakar mengeluarkan hadits dalam kitab al-Ghailaniyat, begitu juga Ibnu Asakir, dari Jabir bin Abdullah ra bahwa Rasulullah saw mengirimkan ekspedisi militer yang dipimpin oleh Qais bin Sa’ad bin Ubadah ra untuk berperang.

Dalam ekspedisinya itu Qais bin Sa’ad menyembelih sembilan ekor unta. Sekembalinya dari medan perang, mereka menyebut-nyebut apa yang dilakukan Qais itu kepada Rasulullah saw. Maka beliau saw. berkata: Sesungguhnya keluarga dari rumah itu (yakni keluarga Sa’ad bin Ubadah) merupakan keluarga yang dermawan.

Ibnu Abid Duniya dan Ibnu Asakir menceritakan hadits dari Rafi’ bin Khudaij ra yang berkata: Abu Ubaidah dan Umar bin Khaththab ra menyambut Qais bin Sa’ad seraya berkata: Aku bertekad agar engkau tidak menyembelih (unta)! Namun, ia tetap menyembelih untanya, dan peristiwa itu sampai kepada Nabi saw. Beliau berkata: Sesungguhnya keluarga Sa’ad bin Ubadah merupakan keluarga yang dermawan. Maksudnya dalam perang Khabath. Khabath adalah nama tempat di dekat Juhainah; lima malam perjalanan dari kota Madinah. Begitu yang dipaparkan dalam kitab al-Muntakhab, juz 5/260.

Thabrani menceritakan hadits dari Jabir yang berkata: Kami bersama-sama Qais bin Sa’ad bin Ubadah tengah menjalankan ekspedisi militer pada masa Rasulullah saw. Di tengah-tengah perjalanan kami tertimpa kelaparan. Kami pun menyembelih tujuh ekor domba. Kami (pulang) menyusuri pantai, dan mendapatkan ikan besar, sehingga kami selama tiga hari makan dengan daging ikan tersebut. Bahkan kami sempat membawa lemak ikan itu.

Kami melanjutkan perjalanan hingga tiba kembali menjumpai Rasulullah saw. Kami pun menceritakan apa yang kami alami kepada beliau saw. Maka orang-orang berkata: Seandainya kami tahu apa yang akan didapatkan maka kami lebih suka turut serta dan mendapatkan bagian (daging ikan itu)

[Sumber: “Hayatu ash-Shahabati”, Syaikh Yusuf al-Kandahlawi]

Iklan

Kantunkeun Balesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s