Menulis Lirik Lagu


Assalamualaikum wr wb

Saya adalah seorang yg mencoba-coba menulis lagu kebetulan saya adalah musisi. Masalah saya adalah kesulitan dalam menulis lirik. Saya suka lirik yang puitis, tapi selalu kehabisan kata-kata.

Saya lebih suka makna yang tersirat daripada lirik yang lugas. Lagu-lagu yang saya tulis mulai dari rock, pop. Pernah nulis beberapa lagu nasyid juga. Dari semua lagu-lagu tersebut hanya sedikit yang menggunakan lirik-lirik saya sendiri.

Mohon masukannya mengenai masalah saya ini.

Terima kasih

Pengirim: Rizal

‘alaikumussalam wr wb

Terima kasih atas kepercayaannya mengirim pertanyaan. Setelah membaca pertanyaan Anda, menurut saya pertanyaan ini lebih bagus ditujukan kepada konsultasi penulisan fiksi. Tapi, saya mencoba menjawab. Meski lirik lagu, meski sama-sama aktivitas menulis namun sedikit unik. Karena menulis lagu dituntut untuk menyampaikannya secara simple dan ‘berirama”. Maksud berirama adalah akhiran beberapa kata itu ‘bunyi’ dan enak didengar. Atau setidaknya disampaikan dengan kiasan. Itu sebabnya menurut saya, menulis lirik lagu itu lebih ke jenis tulisan fiksi. Puisi misalnya, lebih mudah untuk dimusikalisasi ketimbang esai. Selain isinya singkat dan padat, juga menggunakan diksi yang enak didengar dan kaya dengan kiasan (termasuk makna tersirat). Sebagai contoh lagu-lagunya Ebiet G Ade adalah hasil dari musikalisasi puisinya.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba agar tidak kehabisan kata-kata ketika membuat lirik lagu:

  1. Banyak membaca. Bila perlu memperhatikan dan menikmati lirik lagu ciptaan orang lain. Ini bukan dengan tujuan mencontek, tapi benchmarking. Proses benchmarking itu melalui tahapan ATM (Amati, Tirukan, dan Modifikasi). Artinya, jika kita ingin memiliki lirik yang bagus dari lagu-lagu kita, jangan malu untuk mendengarkan karya orang lain. Amati lirik-liriknya, kemudian tirukan. Hanya saja jangan berhenti di sini, tapi Anda harus melakukan modifikasi. Ambil yang bagusnya, hilangkan yang kurang bagus, dan kita kreasikan dengan lirik hasil ciptaan kita sendiri. Proses ini sama dengan penulisan nonfiksi pada umumnya.
  2. Banyak berlatih. Saya masih percaya dengan “jam terbang”. Artinya, semakin bagus seseorang membuat sebuah tulisan (termasuk lirik lagu), itu berbanding lurus dengan seringnya dia berlatih. Karena jenis ini termasuk keterampilan. Makin sering diasah makin lihai.
  3. Jangan berhenti berinovasi dan berkreasi. Saya pikir ini bisa dilakukan dengan terus mencoba hal-hal baru. Jangan takut salah, jangan takut jelek, juga jangan takut gagal. Lakukan saja dengan penuh ketelatenan dan kerja keras. Insya Allah bisa kok.

Itu saja dari saya. Semoga bermanfaat.

Salam,

O. Solihin

Iklan
Kategori Konsultasi PenulisanTag , , , ,

2 thoughts on “Menulis Lirik Lagu

  1. upami kango nulis cerpen puisi kumaha kang?, supaya serattannana tiasa menarik geto kang? nuhun tipsnya yah kang

    1. Hampir sama. Perindah bahasanya, pilihan katanya yang menarik dan jangan lupa isinya yang bermanfaat ya 🙂
      nuhun,sami2.

Kantunkeun Balesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close