os-blogwp-views

7 Tahun Asiknya Nge-BLOG di WordPress


OS-blogwp-content
Kutipan informasi tentang ‘daleman’ blog saya di WordPress hingga Minggu, 30 Maret 2014.

Alhamdulillah, sudah lebih dari 2190 posting hingga menjelang akhir Maret 2014 ini. Blog yang saya bangun sejak awal Maret 2007 silam atau berarti sudah 7 tahun yang lalu ini punya banyak cerita. Jika membaca kembali postingan-postingan yang lampau, membuat kenangan saya berseliweran di benak menghadirkan kisah suka dan duka. Ngeblog di WordPress ini bagi saya pribadi amat menyenangkan. Selain karena WordPress lebih simpel struktur informasinya dan mudah digunakan bagi nonprogrammer, saya juga menyukai WordPress karena ‘mesinnya’ bisa ditanam di localhost (di komputer dengan software Xampp, misalnya), itu sebabnya jika sewaktu-waktu ingin dipajang di self-hosting juga tak masalah.

WordPress terus berbenah dan terus diupdate. Saat ini versi terbaru adalah 3.9 yang tentunya dari segi tampilan dan fitur-fitrurnya kian menarik. Oya, sebenarnya saya pernah punya blog di penyedia blog gratis lainnya seperti di multiply (penyedianya sudah gulung tikar), punya juga di blogspot, pernah juga sekadar cuap-cuap di friendster, yang terbaru saya juga coba tumblr. Tetapi WordPress tetap membuat saya berpaling dari semua penyedia layanan blog gratis saat ini. Bahkan, karena WordPress bisa dijejalkan mesinnya ke self-hosting, beberapa website yang saya buat pun semuanya berbasis WordPress, di antaranya: osolihin.net; menuliskreatif.com; mediaslamnet.com; blog.pesantrenmedia.com; geraisausan.com; dirmanmoesahiperkes.com dan mutiara-ummat.org. BTW, saya pernah menjajal joomla dan drupal, tapi saya pusing (hehehe…).

Oya, yang perlu diperhatikan adalah: membuat blog itu gampang, tetapi mengisinya yang susah. Perlu keseriusan dan pengorbanan. WordPress pun menjanjikan tak lebih dari 5 menit kita sudah punya blog di WordPress. Tetapi jika tak diisi dengan beragam informasi dan opini, pastinya blog yang kita buat jadi seperti kuburan. Sepi tak banyak pengunjungnya. Nah, ngomong-ngomong soal pengunjung, saat tulisan ini dibuat hits blog ini sudah lebih dari 2,2 juta yang ‘melihat’ dengan kunjungan setiap hari rata-rata antara 800 sampai 1.000 user.

os-blogwp-views
Sampai tulisan ini dibuat sudah lebih dari 2,2 juta yang mengunjungi blog saya di WordPress ini. Rata-rata per hari antara 800-1000 kunjungan.

 

OS-blog2007-2014
Data ini adalah rekaman kunjungan setiap bulannya sejak blog dibuat hingga kondisi terakhir yang kita kunjungi (dalam data ini, yang ditampilkan adalah hingga hari Minggu, 30 Maret 2014 pukul 02:03 WIB

Bagi saya, ngeblog adalah sarana berbagi informasi dan opini. Inilah era teknologi informasi dan komunikasi yang lumayan canggih, sehingga untuk menyampaikan pesan yang efektif dan efisien bisa melalui jaringan internet. Di WordPress, dengan dukungan untuk menyebarkan tulisan-tulisan kita di blog difasilitasi untuk bisa tampil juga di situs jejaring sosial semacam Facebook dan Twitter dan jejaring sosial lainnya. Itu artinya, tulisan yang kita posting di blog akan juga di-share alias dibagikan ke tempat di mana kita juga memiliki jaringan pertemanan. Blog saya di WordPress sudah terhubung ke akun-akun Twitter dan Facebook yang saya kelola. Tampilannya seperti di bawah ini:

os-blogshare2014
Informasi data folowers dan shares tulisan-tulisan yang saya posting di WordPress (hingga Minggu, 30 Maret 2014). Setiap kali membuat tulisan, maka akan di-share ke lebih dari 30 ribu orang yang terhubung dengan akun WordPress melalui akun-akun yang saya buat di Facebook dan Twitter, serta lainnya.

Singkat kata, jika kita berniat berbagi informasi dan opini, manfaatkanlah blog–salah satunya di WordPress. Memberikan manfaat kepada orang lain, insya Allah menjadi jalan kita meraih pahala. Maka, informasi yang disajikan pastikan yang benar dan baik serta memberi inspirasi, motivasi dan solusi. Bagi saya sendiri, insya Allah blog ini bagian dari dakwah saya via tulisan. Terima kasih atas kunjungan Anda semua di blog saya. Semoga banyak manfaat yang diambil dari sini. Oya, jangan sungkan juga untuk memberikan kritik dan saran atas tulisan-tulisan yang saya posting di blog ini.

Salam,

O. Solihin

Kantunkeun Balesan

