#1 Mulut


[inspirasi ringan]

#1 Mulut
@osolihin

Mulut merupakan organ pertama yang terlibat dalam proses pencernaan dan berhubungan langsung dengan lingkungan luar tubuh. Mulut berfungsi sebagai tempat masuknya makanan dan udara. Makanan yang masuk ke mulut akan melewati saluran pencernaan lain, dicerna dan diserap di usus, dan kemudian sisa makanan akan di keluarkan melalui anus. Di dalam mulut terdapat beberapa komponen penting, di antaranya adalah gigi, lidah dan kelenjar liur (Kelenjar Saliva).

Selain itu, mulut juga sering diidentikan dengan peribahasa “mulutmu harimaumu” yang berarti segala perkataan yang diucapkan apabila tidak dipikirkan dahulu dapat merugikan diri sendiri. Di bagian mulut, ada lidah, ini juga menjadi bagian yang mendapat perhatian dalam ajaran Islam, terutama berkaitan dengan ucapan. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Yang disebut dengan muslim sejati adalah orang yang selamat orang muslim lainnya dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari perkara yang dilarang oleh Allah .” (HR Bukhari no. 10 dan Muslim no. 40)

Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa menjaga mulut kita dengan asupan makanan dan minuman yang halal dan thayyib, juga mampu menebar kebaikan kepada sesama melalui lidah yang bisa menyelamatkan muslim lainnya agar saling menguatkan dalam keimanan dan ketakwaan. Insya Allah.[]

Iklan

Kantunkeun Balesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.