#3 Telinga


[inspirasi ringan]

@osolihin

Telinga merupakan bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra pendengaran dan alat pengatur keseimbangan. Telinga memiliki kemampuan unik dalam mengenali dan mendeteksi segala macam energi yang berbentuk getaran suara yang bergerak melewati udara dan sekitarnya. Jaringan telinga juga sensitif dengan gelombang suara yang tidak mempunyai ventilasi cukup sehingga gelombang yang dihasilkan hanya berputar di area dalam telinga. Hal tersebut dapat menyebabkan gendang telinga merasakan nyeri dan kehilangan pendengaran secara bertahap.

Selain itu, ada satu peribahasa yang berkaitan dengan telinga, “ukur mata dengan telinga” yang berarti sesuai dengan apa yang dilihat dan didengar menurut pendengaran dan penglihatan. Apa yang dilihat mata dan didengar telinga mestinya sesuai sehingga bisa menyimpulkan. Namun, adakalanya kita memanipulasi fakta untuk tujuan jahat. Dalam khasanah ajaran Islam, telinga juga menjadi bagian penting yang perlu mendapat perhatian, khususnya terkait dengan mendengar.

Di antara adab yang tinggi yang diajarkan oleh ulama terdahulu adalah mendengarkan pembicaraan saudara kita sesama muslim dengan baik. ‘Atoo rahimahullah berkata, “Sesungguhnya seseorang menyampaikan kepadaku tentang suatu pembicaraan, maka aku pun seksama mendengarkannya, seakan-akan aku tidak pernah mendengarnya. Padahal aku telah mengetahuinya, sebelum ia dilahirkan” (Siyar A’laam An-Nubalaa 5/86)

Semoga kita bisa mensyukuri karunia pendengaran ini, dan memanfaatkannya untuk kebaikan diri kita dan untuk kemaslahatan kaum muslimin. Insya Allah.[]

Iklan
Kategori Inspirasi, RagamTag , , , , ,

Kantunkeun Balesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close