#4 Lidah


[inspirasi ringan]

@osolihin

Lidah merupakan organ yang termasuk ke dalam pancaindera dan juga sebagai organ yang menunjang sistem pencernaan. Lidah berfungsi sebagai indera pengecapan yaitu untuk memberikan rasa kepada setiap objek yang masuk ke dalam mulut kita. Selain itu lidah juga berfungsi sebagai penunjang proses mengunyah dan menelan. Lidah juga sering disebut lingual (bahasa Latin) atau glossal (bahasa Yunani). Lidah merupakan jaringan otot lurik (otot rangka) yang dilapisi oleh membran mukosa.

Selain itu, kita mengenal juga peribahasa familiar yang berkaitan dengan lidah, “lidah tak bertulang” yang artinya manusia sangat mudah untuk berbohong atau mengumbar janji. Islam juga sangat memperhatikan masalah lidah, khususnya terkait dengan perkataan. Tabiat suka berbohong termasuk dalam kategori dosa besar setelah syirik (menyekutukan Allah) dan durhaka terhadap kedua orangtua. Ini ditegaskan dalam sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam, “Maukah aku tunjukkan perihal dosa-dosa besar? Kami menjawab: Ya, tentu mau wahai Rasulullah. Rasulullah menjelaskan: Menyektukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua. Oh ya, (ada lagi) yaitu perkataan dusta.” (Riwayat Muttafaq Alaih)

Semoga kita bisa memanfaatkan lidah sebagai karunia Allah Ta’ala untuk melakukan kebaikan dan hal-hal bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Insya Allah. []

Iklan
Kategori Inspirasi, RagamTag , , , , ,

Kantunkeun Balesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close